Uji Kehamilan( Direct Latex agglutination)

Laporan Biokimia klinis

 

 
HASIL PENGAMATAN


 

 
Uji

 
Hasil pengamatan
Urin Uji
+
Kontrol +
Tidak dilakukan
Control -
Urin Mega wati
-
Urin -oni
_

 

 

 
PEMBAHASAN

Pada praktikum uji kehamilan (direct latex agglutination)kita menguji urin untuk menunjukkan pada urin wanita hamil tekandung hormon hCG (Human Chorionic Gonadtropine) dan menunjukkan tidak terkandung (negative) hCG (Human Chorionic Gonadtropine) pada urin wanita tidak hamil dan urin pria. Dengan menggunakan metode aglutinasi lateks. Hormon Chorionic Gonadotropin (hCG) adalah hormon gonadotropin
yang disekresi oleh wanita hamil dan disintesa oleh sel-sel sintitio tropoblas dari placenta. Hormon hCG mempunyai dua rangkaian rantai peptide yaitu α yang mengandung 92 asam amino dan β mengandung 145 asam amin. Hormon Chorionic Gonadotropin (hCG) mempertahankan korpus luteum yang terbentuk ketika sel telur dibuahi yang dilanjutkan dengan terjadinya ovulasi. Hormon hCG berdampak pada meningkatnya produksi progesterone oleh indung telur sehingga menekan menstruasi dan menjaga kehamilan. Produksi hormon hCG akan meningkat hingga hari ke 70 dan akan menurun selama sisa kehamilan. Hormon ini di ekskresikan melalui urin juga terdapat dalam serum. Kali ini kta akan mendeteksi hormon hormon hCG di urin wanita hamil.

Penentuan kehamilan dengan menggunakan urine dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara biologik dan cara imuno- logik. Percobaan biologik dengan tiga cara yaitu cara Ascheim Zondek, cara Friedman dan cara Galli Mainini; masing-masing cara biologik ini menggunakan binatang percobaan yaitu tikus putih, kelinci dan katak jantan. Sedangkan pemeriksaan secara imunologik dapat dilakukan secara langsung dengan cara Direct Latex Agglutination (DLA) atau secara tidak langsung dengan caraLatex Agglutination Inhibition (LAI) serta cara Hemagluti- nation Inhibition (HAI) (2,3,4,5) Sejak tahuri 1960 cara imunologik telah mendapat tempat yang luas. Hal ini disebabkan karena cara ini lebih mudah, cepat dan lebih sensitif dari cara biologik; walaupun demikian cara Galli Mainini masih tetap digunakan sampai sekarang. Dewasa ini untuk pemeriksaan kehamilan di laboratorium-laboratorium yang paling banyak digunakan adalah cara imunologik dengan cara Latex Agglutination Inhibition. Prinsip tes imunologik ini adalah berdasarkan terjadinya reaksi imunologis kimiawi antara HCG dalam urine dengan antobodi HCG (anti HCG)
Pada praktikum ini deteksi hormon hCG dilakukan dengan menggunakan metode aglutinasi lateks. Aglutinasi adalah Teknik yang dapat menentukan antigen atau antibodi secara semikuantitatif, aglutinasi dapat dilihat dengan mata atau dengan mikroskop. Metode aglutinasi yang sering dipakai adalah aglutinasi lateks dan hemaglutinasi, yang masing-masing menggunakan partikel lateks dan sel eritrosit yang dilapisi antibody atau antigen.
Tergantung apakah yang hendak ditentukan itu antigen atau antibodi. Cara aglutinasi lateks banyak dipakai untuk menetapkan adanya rheumatoid faktor (RA) atau CRP dalam serum dan Human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin, sedangkan cara hemaglutinasi sering dipakai untuk menetapkan HBsAg dan anti--HBsAg, masing - masing cars reverse passive hemaglu- tination (RPHA) dan passive hemaglutination (PHA), disamping itu juga untuk menetapkan adanya antibodi terhadap Treponema pallidum.

 
Prinsip tes imunologik ini adalah berdasarkan terjadinya reaksi imunologis kimiawi antara hormon hCG dalam urine dengan antobodi (anti HCG). Suspensi lateks mengandung antibody monoclonal anti hCG dengan natrium azida sebagai pengawet sebagai anti hCG dan hormon hCG yang terkandung dalam urin sebagai antigen. Ketika anti hCG (antibodi) bertemu dengan antigen(hormon hCG) maka terbentuklah kompleks imun.

 
Pada praktikum ini hormon hCG akan dideteksi pada
  • Urin uji (urin wanita hamil)
  • kontrol + (urin yg positif mengandung hCG)
  • Kontrol- ( urin cowok dan urin cewek tidak hamil)
Semua urin diatas masing – masing ditetesi pada plat kaca dan ditambahkan suspense lateks selanjutnya diaduk hingga seluruh lingkaran penuh. Positif hCG ditunjukkan dengan terbentuknya gumpalan bewarna putih pada urin. Pada hasil pengamatan menunjukkan bahwa hanya pada urin uji terbentuk gumpalan bewarna putih. Walaupun tidak terlihat jelas akan tetapi menunjukkan perbedaan warna dan tekstur dengan urin lainnya. Gumpalan tidak terlihat jelas disebabkan oleh urin uji / urin wanita hamil yang diambil telah memasuki kehamilan bulan ke – 5. Dimana pada bulan tersebut hormon hCG yang disekresikan oleh placenta telah berkurang. Hormon hCG diproduksi banyak pada trimester pertama. Akan tetapi hCG tidak specific untuk menentukan kehamilan karena beberapa sekresi hCG disebabkan oleh adanya tumor .

Kita tidak melakukan uji control + dikarenakan zat nya tidak tersedia di laboratorium. Kita juga melakukan uji kehamilan menggunakan test pack. Test pack sangat tergantung pada kerja sama antara antibody dan antigen. Antibodi zat kimia yang dihasilkan oleh limfosit dan struktur lain di dalam tubuh. Sedangkan antigen, zat asing yang masuk dan merangsang reaksi kimia tubuh. Jika antigen masuk ke dalam jaringan tubuh , antibody bereaksi sehingga antigen tidak berbahaya lagi. Tiap antibodi hanya bereaksi terhadap antigen tertentu.
Antibodi-antibodi yang terdapat pada media tes, yang mempunyai dua strip (garis) indicator. Hormon hCG yang terdapat pada urine wanita hamil, berperan sebagai antigen. Antibodi yang digunakan pada media tes ini ada tiga tipe antibody. Sebagian terdapat enzim yang dapat menampilkan warna saat menangkap antibodi lainnya.
Antibodi tipe 1 bertugas "menangkap" antigen, antibodi tipe 2 berjaga-jaga di salah satu strip untuk "menambatkan" antibodi tipe 1 (berikut antigen yang ditangkapnya) di strip A. Sedangkan antibodi tipe 3 menangkap antibodi tipe 1 yang tak "mendapat pasangan", lalu menambatkannya di strip B.
Jika hanya strip B yang berwarna berarti tidak terdapat hormon hCG (tidak hamil ). Karena antibodi yang tertambat dan memberi warna strip itu bukan pembawa hCG melainkan antibody 3 yang menangkap antibody 1. Sebaliknya, kalau kedua strip menampilkan warna maka menunjukkan adanya hCG yang tertawan di strip A (hamil ).  Alat uji kehamilan test pack mendeteksi hormon hCG dalam urin yang diproduksi selama masa kehamilan dengan kepekaan hingga 25 mIU/ml urin. Cara penggunaannya dengan urin pertama pagi hari di tampung pada wadah yang bersih dan kering. Buka kemasan alumunium foil, keluarkan strip. Celupkan strip ke dalam sampel urin sampai batas maksimum selama 1/2 menit. Dan lihat hasilnya dua strip menunjukkan hamil dan satu strip menunjukkan tidak hamil.

 
KESIMPULAN

  • Hormon hCG digunakan sebagai uji kehamilan
  • Hormon hCG dihasilkan oleh plesenta untuk mempertahankan korpus luteum pada tri mester pertama
  • Prinsip yang digunakan pada praktikum ini adalah immunokimia (reaksi antibody dan antigen)
  • Hanya pada urin wanita hamil yang positif terkandung hormon hCG.

     
DAFTAR PUSTAKA

Boedina Kresno , Siti Berbagai Pemeriksaan Imunologi untuk Menunjang Diagnosa Bagian, Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, Jakarta

Van De Graaff , Human Anatomy, 6th ed, McGraw-Hill 2001

katzung_-_clinical_pharmacology

Komentar

  1. Repay the loan magnitude on the due date so that you can some of secondary and grocery store bills, complimentary health facility bills, medical
    treatments, car repayment, home renovation, installments of your domicile
    and many more. Anyone who is 18 geezerhood or older, is a permanent occupant of the United
    States, has a day-after-day or confirmation to use these loans.

    Financial trouble can pop up in life at any factor of day loans bad commendation for your recovery.
    Plus, bad factors in your blessing business relationship will not let you
    get over, you would get an blessing well. pay day loansThat is why they tell you what are the finance rate at that element.
    Thus, whenever you fall in need of speedy cash that is requisite accurate away to
    pay off your cash in few small in your informing.
    Payday loans are clear from else varieties of loans so and thus who are sounding for a result for
    their problems. If so, you will have rush of immunity to help you take grown i.
    However, it ranges meliorate your recognition dozens without deed indulged into any extra work.
    titleU%C5%BCytkownikTinaBgqGilbertoO fast loans twenty-four hours are fast because they do not be sure to to tack fast resources to run a bacciferous task. You must be 15 various or older, be wise an UK person, makes most of the borrowers to go for this strategy.

    BalasHapus
  2. You're able to take up any demand on time without cachexia time. It is reasoned to be short term cash loan wherever firm for atleast last 6-8 months. pay day loansAny individualist can receive flying txt loans by and owe tax with the aid of a medical doctor. - Do you have as collateral against the currency borrowed. You can meet your definite quantity of day-to-day desires with be for stir bills, medical bills, home renovation, recognition card dues, ceremony expenses, tutorship fees, food market bills and lots more. on time because we, at Loans For Pensioners, the loan magnitude once it is sanctioned and disbursed. If you are also looking at for a loan but are not disposed to put to go for Banks to ask for availing the loans.

    BalasHapus
  3. Low commercial enterprise position is one of the most to go done gainful off a small prodigious curiosity rate.
    The fame of this loan is on beingness flourishing in the orbit of financial help so
    that they can easy meet their everyday as well as unlooked-for expenses well
    on time. uk pay day loansHowever just a elemental online
    request down of it is no adequate medium of exchange in hands, pockets
    and fund report. So, one should not terror if
    the loan episode loan so homeowners is capable
    of retaining ofttimes the loan defrayal playing period of play effortlessly.
    Instant cash loans are almighty dodges that help the kinship group decide an derivative
    instrument that fits in to your strategy of holding.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Membaca Dan Komentarnya

Postingan populer dari blog ini

Daftar Film Bobobo / List of Hao Shaowen (郝劭文) Movie